Sumintarsih

Mengajar di SMP Al Irsyad Purwokerto...

Selengkapnya
Andai Kau Tahu Artinya

Andai Kau Tahu Artinya

Gara-gara aktivitas menulis, aku pun memberanikan diri berteman dengan orang-orang hebat. Mereka pegiat dan penggerak literasi yang sudah malang melintang dengan karyanya. Bahkan artis-artis gurusiana (penulis produktif) dan orang hebat lainnya.

Salah satu dari mereka adalah Much. Khoiri atau yang sering disapa Pak Emcho, dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Unesa (Universitas Negeri Surabaya) yang juga penulis 33 buku.

Ada rasa minder, itu jelas. Namun, apa kata beliau?

"Berkenalan dengan orang setara atau di bawah kita, itu mudah saja. Sebaliknya, bisa berteman dengan orang-orang di atas kita, itu sebuah perjuangan. Itulah caranya kita beradaptasi dan meningkatkan kompetensi/kualitas diri."

Siapa yang tidak termotivasi atas jawaban beliau, coba...?

Salah satu kehebatan beliau yang akan aku ceritakan di sini adalah, jawaban beliau ketika aku kirimkan ucapan _Jazakumullah khairan katsiran_. Beliau membalas, "Amin x 100." Mengapa? Bukankah _Jazakumullah khairan katsiran_ adalah ucapan terima kasih dan pembicaraan bisa saja stop? Atau cukup dibalas, "Sama-sama." Mengapa dibalas lagi dengan mengamini x100? Banyak amat....

Karena aku yakin beliau paham betul sehingga menulis demikian.

"Jazakumullah Khairan Katsiran Wa Jazakumullah Ahsanal Jaza” artinya adalah "Semoga Allah Swt. akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak dan semoga Allah Swt. akan membalas kalian dengan balasan yang terbaik". Biasanya orang akan menjawab "waiyyaki" yang artinya "kepadamu juga", kebaikannya, artinya mendoakan balik. Lebih lengkap "Amin, waiyyaki".

Dasar dari penggunaan istilah tersebut di atas sebagai berikut. Dari Usamah bin Zaid r.a bahwasanya Rasulullah saw. bersabda yang artinya, “Barang siapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan “Jazaakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.” (HR.At-Tirmidzi).

http://m-alwi.com/jazakumullah-khairan-katsiran-wa-jazakumullah-ahsanal-jaza.html

Berarti yang sering aku sampaikan adalah _Jazakumullah khairan katsiran_ berarti "Semoga Allah Swt. akan membalas kalian dengan kebaikan yang banyak".

Jelas arti ucapan itu sangat berbeda bila disandingkan dengan ucapan:

- syukron

- terima kasih

- matur nuwun

- thank you

- xie-xie

- arigato

- dan lain-lainnya.

Andai kau sudah tahu artinya, tidak inginkah mengucapkan terima kasih yang mengandung muatan doa seindah itu?

Purwokerto, jelang Magrib, 13 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Doa bagian ibadah. Layaknya terus kita lakukan layaknya detak jantung dan tarikan nafas. Oke.. Bun.

14 May
Balas

Benar... Terima kasih semua....

14 May
Balas

Alhamdulillah. Jazakillah khoir untuk ilmu yang bermanfaat ini bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

14 May
Balas

terima kasih bunda pencerahannya,, benar kita harus bertean dengan orang-orang yang hebat bunda biar "ketularan".. he

14 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali