Sumintarsih

Mengajar di SMP Al Irsyad Purwokerto...

Selengkapnya
Bawa Kantong Sendiri

Bawa Kantong Sendiri

Hari libur identik dengan jalan-jalan bersama keluarga. Kegiatan jalan-jalan tidak bisa lepas dengan membeli sesuatu dan biasanya penjual akan memanjakan pembeli dengan fasilitas kantong kresek.

Berapa kali Anda berbelanja hari ini dan berapa kantong plastik Anda terima? Sebanyak itu pula Anda menjadi penyumbang sampah plastik.

Semua sudah mengetahui bahwa Indonesia di urutan kedua penyumbang sampah plastik setelah Cina. Urutan ketiga Filipina, diikuti Vietnam dan Sri Lanka. Sebuah sumber menyebutkan lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menit dan 50 persen hanya dipakai satu kali lalu dibuang. Dari jumlah itu hanya 5 persen yang didaur ulang.

Rupanya ajakan untuk mengurangi sampah plastik dengan kebijakan plastik berbayar hanya hangat di awal waktu saja, tahun lalu. Apalagi, banyak menuai protes. Kita lebih fokus menimbang-nimbang harus keluar uang daripada mencoba mengambil hikmah untuk mengurangi sampah plastik.

Baiklah, saya mengingatkan diri pribadi dan mengajak saudara-saudara yang terketuk hatinya. Mari, kita biasakan membawa kantong kresek sendiri. Lebih bagus kita membawa kantong kain di dalam tas kerja kita, di jok motor atau mobil. Bila kita berbelanja, tidak perlu menerima kantong kresek dari penjual.

Semangat mengurangi sampah plastik dari diri sendiri.

Purwokerto, 06052018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Inggih bu, leres, untuk kelestarian bumi kita

06 May
Balas

Benar sekali Bu....Trimksh sdh mengingtkn kembali...

06 May
Balas

Setuju sekali bunda. Jazakillah khoir sudah sangat mengingatkan. Barakallah.

06 May
Balas

Alhamdulillah.... Ayo bareng-bareng..... Insyaallah kita bisa

06 May
Balas

Sangat setuju, andaikan jadi gerakan bersama?

06 May
Balas

Bersama dlm satu klg dulu aja pak...

06 May
Balas

Lanjutkan

07 May
Balas

wah ide bagus itu, setidaknya kt mengurangi tumpukan sampah non organik

07 May
Balas

Setuju bu Min

07 May
Balas

Setuju bunda,, kendalanya masyarakat kita lebih senang yang praktis praktis saja

07 May
Balas

Mulai dr diri kita dan sekarqng bunda.. Trim

07 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali