Sumintarsih

Mengajar di SMP Al Irsyad Purwokerto...

Selengkapnya
Pendidik Unggul di Era Digital
Pak Totok (hem putih)

Pendidik Unggul di Era Digital

Dua hari ini aku mengikuti seminar dan workshop Smart School Online dengan tema Menguatkan Literasi Digital melalui Sekolah. Hari pertama di Hotel Santika Purwokerto, hari kedua di SMK N I Purwokerto. Lebih tepatnya kegiatan ini terbagi pada dua acara. Hari pertama dan kedua orang dewasa, di tempat terpisah hari kedua dan keempat untuk siswa SMP SMA dan yang sederajat.

Deretan pemateri dari ICTwatch, Yayasan Sejiwa, dan Ecpat Indonesia didukung Kemkominfo. Materi seputar penggunaan internet sehat, perlindungan anak untuk keamanan online, dan digital parenting. Harapan dari kegiatan ini adalah menjadikan orang tua dan guru sebagai pendidik unggul di era digital.

Semua materi yang disampaikan mengingatlan bahwa orang tua memegang kunci utama seorang anak mengenal dunia digital.

Latahnya orang Indonesia ketika anak tetangga sudah mempunyai gawai atau gadget, sontak panik dan langsung ingin menyamai.

Masih ingat iklan masyarakat yang beredar beberapa waktu lalu? Seorang pramuniaga toko justru menyadarkan orang tua yang akan membelikan gawai untuk anak perempuannya. Dia mengatakan bahwa belum waktunya anak kecil dibelikan gawai. Biarkan anak menikmati dunia anak-anak. Ah..., pramuniaga itu memerankan posisi orang tua yang sesungguhnya. Melindungi dan menyayangi anak.

Alhamdulillah dalam acara yang dihadiri 300-an orang guru, orang tua, komunitas dan mahasiswa ini dihadiri oleh Bapak Totok Suharto, Kasubbid Perlindungan Anak dan Korban Bencana dari Kementetiaan Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak.

Dalam kesempatan ini, aku menyempatkan untuk menunjukkan buku karyaku kepada para pembicara. Senengnya, kesempatan ini bisa menambah kenanganku.*

Purwokerto, 4 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Nggih. Siap... Nuwun

04 May
Balas

Matur nuwun bunda semua.

05 May
Balas

Bu Tuti, kl buku saya tentang sejarah srkolah. Silakn kl brkenan....trim

05 May
Balas

Bu Min, judulnya tolong diralat, bukan pendidil tapi pendidik

04 May
Balas

Wah...top deh bu min.salam kenal

05 May
Balas

Untuk mempersiapkan anak-anak kita menghadapi era milenial. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

04 May
Balas

Wah, buku yang bagus bu untuk bacaan orang tua dan anak di era digital. Jadi pingin baca nih.

05 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali