Sumintarsih

Mengajar di SMP Al Irsyad Purwokerto...

Selengkapnya
Wabah Utang Literasi

Wabah Utang Literasi

Sejak Mediaguru sukses meracuni para guru dengan virus menulisnya, sekarang semakin banyak terjangkiti orang merasa punya utang. Virus menulis diperparah munculnya virus utang.

Setiap hari banyak guru utang tulisan. Ketika sehari saja tidak menulis, dia sudah merasa punya utang. Utang ini kepada diri sendiri atas janji dan niat yang dia buat sendiri juga.

Leck Murman menamai gerakan Sarisakel (satu hari satu artikel)

Mbak Dyahni Mastutisari menyebutnya ODOA, one day one artikel, atau apa lagi namanya.

Kalau dipikir..., cari masalah sendiri ya? Benar. Yang merasa pingin menghidupkan gerakan literasi ya memang harus bergerak.

Jadi yang belum bergerak berarti belum tertarik dan belum terpanggil untuk menggerakkan program literasi. Memang sih..., gerakan literasi bukan hanya menulis. Tapi ingat lho..., menulis itu ranah bahasa paling tinggi. Karena dengan menulis orang sudah melalui tahapan mendengarkan, berbicara, dan membaca.

Oya, manfaat yang saya rasakan kala berusaha selalu menulis di gurusiana adalah merasa dipaksa untuk cepat menemukan ide dan menuangkan sebelum tertelan waktu. Walau sebenarnya, masih memerlukan lumayan bermenit-menit menulisnya.

Muncul ide tulisan tentang utang artikel ini juga setelah penulis mendapatkan pencerahan dari artikel Bapak Much. Khoiri, tokoh literasi. (Pagi tadi)

Omg..., kemarin saya belum menulis di gurusiana, berarti hari ini saya harus membayar dua artikel. Waduh..! Utang artikel ini toh harus segera saya bayar lunas. Seperti halnya utang puasa harus segera dibayar puasa sebelum Ramadan yang sebentar lagi datang. Wajib, bukan sunah.

Eh, saya kemarin belum nulis, berarti hari ini 2 artikel ya? Waduh...!

Mohon maaf lahir batin dan selamat menyambut serta menjalankan ibadah bulan Ramadan, semoga ibadah kita dimudahkan. Ibadah yang diterima Allah dan mendapatkan pahala. Amin.

()

Purwokerto, 6 Mei 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya malah tergantung mood bu. Jika ndak mood tulisan nggak muncul. Utangnya banyak nih.

06 May
Balas

Krmbalinke kita aja pak, dianggap utang boleh..., Ga jg gpp....

06 May
Balas

Waah... Utang sy menulis sdh sebulan ini bu

06 May
Balas

Saya kadang-kadang juga masih utang bu Mien..dan hari ini saya juga belum nulis

06 May
Balas

maksud hati pingin selalu menulis di gurusiana, tapi terkendala banyak hal. yang penting kita tetap menulis walau tidak di bolg tercibta ini.bukan begitu bun

06 May
Balas

Semangat bunda.... Ayo sama-sama belajar... Trims

06 May
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali